•  
  • ,

Jurnal Pendidikan Karakter "Jawara"
Diposting tanggal: 17 Februari 2015

UNDANGAN TERBUKA

Redaksi Jurnal Pendidikan Karakter “Jawara” (JPKJ) mengundang kepada Bapak / Ibu profesional yang berkecimpung di dunia usaha, pendidikan, peneliti ataupun pihak pihak yang memiliki ketertarikan dalam bidang pendidikan karakter untuk menulis mengenai penelitian, telaah, studi pustaka serta perkembangan di bidang yang berkaitan dengan pendidikan karakter untuk mengisi tulisan dalam Jurnal Pendidikan Karakter “Jawara” (JPKJ) yang diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta).

Jurnal Pendidikan Karakter “Jawara” merupakan jurnal ilmiah sebagai bentuk pengabdian akademis dalam hal pengembangan bidang pendidikan terutama pendidikan karakter, serta Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), dan bidang terkait lainnya.

Tulisan yang diterima merupakan Hasil Penelitian / Studi Literatur atau Laporan Kasus dalam bidang ilmu yang berhubungan atau berkaitan dengan pendidikan karakter.

Tulisan belum pernah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah manapun, dan apabila pernah dipresentasikan, disertakan keterangan acara, tempat dan tanggalnya.

Ditulis dalam format Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

Sistematika yang diterapkan untuk tiap tiap karya tulis tersebut adalah :

1. Hasil Penelitian

Hasil penelitian terdiri atas judul, penulis, abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (masing masing terdiri atas 150 – 200 kata), disertai kata kuncinya. Isi artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang berisi : Pendahuluan, Metode, Pembahasan, Simpulan, dan Saran serta Daftar Pustaka (merujuk sekurang kurangnya 3 sumber pustaka minimal 5 tahun terakhir.

2. Studi Literatur / Tinjauan Pustaka

Naskah hasil studi literatur terdiri atas judul dan penulis. Pendahuluan (disertai pokok pokok ide kemajuan pengetahuan sehubungan dengan masalah yang digali). Permasalahan mencakup rangkuman sistematik dari berbagai narasumber. Pembahasan memuat ulasan dan sintesis ide. Simpulan dan saran disajikan sebelum daftar pustaka. Tinjauan pustaka merujuk sekurang kurangnya 5 sumber pustaka minimal 5 tahun terakhir.

3. Studi / Laporan Kasus

Naskah laporan kasus terdiri atas judul, abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (masing masing terdiri atas 150 – 200 kata), disertai kata kuncinya. Isi artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang berisi pendahuluan (disertai karakteristik lokasi, gambaran umum budaya yang relevan, dll), masalah, pembahasan dan resume atau simpulan. 

TATA CARA PENULISAN

  1. Artikel diketik rapih menggunakan program pengolah dokumen, dikirim dalam bentuk soft copy ekstensi *.doc/docx, ke alamat email. Jenis huruf yang digunakan adalah Calibri ukuran 12. panjang artikel minimal 15 dan maksimal 20 halaman, ukuran kertas A4, spasi 1,5.
  2. Tulisan terdiri dari judul, nama penulis, abstrak, isi tulisan, simpulan dan saran serta daftar pustaka.
  3. Judul ditulis rata tengah dengan ukuran 13, spasi 1.5, diikuti nama penulis disertai footnote program studi tempat bernaung, universitas dan alamat email
  4. Abstrak ditulis rata tengah dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris terdiri dari 150 – 250 kata. Ditulis miring (italic) ukuran huruf 11.
  5. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang baik dan benar diketik dua kolom. Panjang gambar dan foto harus dalam bentuk jadi dengan resolusi gambar yang memadai (jelas dan nyaman dilihat), serta dalam ukuran yang sesuai dengan format jurnal ilmiah.
  6. Daftar pustaka merujuk sekurang kurangnya 3 pustaka terbaru dengan umur pustaka terbaru maksimal 5 (lima) tahun.
  7. Daftar pustaka ditulis alfabetis sesuai dengan nama akhir (tanpa gelar akademik) baik penulis asing maupun penulis indonesia, berisi maksimal 15 penulis yang dirujuk, font ukuran 10.
  8. Penulis mencantumkan institusi asal dan alamat korespondensi lengkap. Penulis yang artikelnya dimuat akan mendapatkan 2 exemplar jurnal ilmiah.
  9. Kepastian pemuatan artikel atau penolakan akan diberitahukan melalui email. Artikel yang tidak dimuat akan dikembalikan. Redaksi jurnal ilmiah berhak melakukan penyuntingan.

Keterangan lain yang diperlukan dapat diperoleh dengan menghubungi redaksi melalui

Sekretariat Jurnal Pendidikan Karakter “Jawara”

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M)

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta)

Jl Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang 42124

Telepon (0254) 280330 ext 323, Fax (0254) 281254

Email : LP3M@untirta.ac.id / LP3M_UNTIRTA@yahoo.com

ISSN JURNAL JPKJ  - 2442-7780

issn jurnal

 

Template jurnal dapat diunduh disini

Pedoman Penulisan dapat diunduh disini

 

DEWAN REDAKSI

JURNAL PENDIDIKAN KARAKTER “JAWARA”

Penanggung Jawab

:

Ketua LP3M Untirta

 

 

Dr. Ir. Rusmana, MP.

Penyunting / Editor

:

Prof. Dr. Sahidin, M.Pd. (Universitas Pendidikan Indonesia)

 

 

Dr. Nurwahidin, M.Pd. (Universitas Indonesia)

Redaktur

:

Drs. Syihabudin, M.Si.

Redaktur Pelaksana

:

Iman Mukhroman, S.Sos., M.Si.

 

 

Nanang Krisdianto, ST., M.Kom.

 

 

Soesaptri Oediyani, Ir., ME.

 

 

Jakaria, S. Ag., MA.

 

 

Fadlullah, S.Ag, M.Si.

 

 

Veri Sidik Priadi, SE., MM.  

Sekretariat

:

Muh Imran, S.Sos., M.Pd.

 

 

Ahmad Khoirudin, SE.

Desain Grafis

:

Agung Gunawan Raharja

Jurnal Pendidikan Karakter “Jawara” merupakan jurnal ilmiah sebagai bentuk pengabdian akademis dalam hal pengembangan bidang pendidikan terutama pendidikan karakter, serta Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), dan bidang terkait lainnya.

Jurnal Pendidikan Karakter “Jawara” diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjamian Mutu (LP3M) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Redaksi mengundang para profesional dari dunia usaha, pendidikan, peneliti untuk menulis mengenai penelitian, telaah, studi pustaka serta perkembangan di bidang yang berkaitan dengan pendidikan karakter.

Jurnal Pendidikan Karakter “Jawara” diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Edisi pertama terbit Juni 2015. Harga berlangganan Rp 75.000,- / exemplar.

 

Cover Jurnal Pendidikan Karakter “Jawara”

jurnal