•  
  • ,

Profil LP3M
Diposting tanggal: 31 Mei 2010

Para pendidik dan staf pengajar Untirta membutuhkan sejumlah pembekalan (empowering) dan pengayaan (enrichment) yang berkaitan erat dengan kegiatan pembelajaran. Sehingga diharapkan Produk Untirta yang berupa lulusan harus memiliki beberapa kriteria seperti memiliki kompetensi sesuai dengan bidang ilmunya, mudah mendapatkan pekerjaan, mampu bersaing di aras nasional maupun internasional, berkepribadian baik serta bermoral tinggi. Agar hal tersebut dapat dicapai, Untirta harus memiliki sistem penjaminan mutu akademik yang handal. Penyusunan sistem manajemen mutu akademik tersebut harus “selaras” dengan visi, misi, dan nilai-nilai yang dianut oleh Untirta.  

Melalui pertimbangan dan kesepakatan Senat Untirta, maka pada tanggal 8 Juli 2005 telah ditetapkan adanya lembaga yang berperan untuk mengkoordinasikan kegiatan pendidikan dan pengajaran dengan nama : Lembaga Peningkatan dan Pengembangan Program Akademik (LP3A). Keputusan ini ditegaskan kembali pada rapat Senat Untirta pada tanggal 20 Juli 2007 disertai dengan penyempurnaan struktur organisasinya. Pembentukan LP3A antara lain bertujuan : berperan sebagai fasilitator dalam mengkoordinasi, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan akademik, berperan menyediakan perangkat perencanaan, pengembangan, pengkajian dan penyusunan suatu program studi baru/lama serta pelaksanaannya, berperan dalam menyediakan perangkat pembinaan, pengayaan (enrichment) serta pembekalan bagi tenaga akademik yang membutuhkan, berperan menyediakan pengkajian dan evaluasi perencanaan kegiatan akademik.

 Tugas Pokok

  1. Melaksanakan kegiatan koordinasi, pemantauan dan pengkajian aktivitas pelaksanaan kegiatan akademik.
  2. Melaksanakan kegiatan perencanaan, pengembangan, pengkajian dan penyusunan program studi baru/lama serta pelaksanaannya.
  3. Melakukan kegiatan pembinaan, pengayaan serta pembekalan bagi tenaga akademik yang diperlukan.
  4. Melakukan inventarisasi, tabulasi data yang berkaitan dengan tenaga akademik serta pelaksanaan akademik

 Fungsi Utama

  1. Mengkoordinir dan memantau pelaksanaan kegiatan akademik.
  2. Perencana, penyusun, pemekar dan pengkaji sejumlah program studi yang berbasis pada masing-masing bidang kajian ilmu.
  3. Pembina dan pengendali karier serta jenjang tenaga akademik.
  4. Penganalisis data, perancang serta pengalokasian tenaga akademik yang serasi sesuai dengan bidang kajian ilmu yang dibutuhkan.
 
Visi dan Misi:
Visi : Terselenggaranya Budaya MUTU Universitas Berbasis Kearifan lokal 
 
Misi :
  1. Mengembangkan Sistem Pembelajaran
  2. Mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu
  3. Mengembangkan Mutu Tenaga Kependidikan