•  
  • ,

Rabu, 28 November 2018 - 08:47:46 WIB
DESIMINASI SPMI DAN AMI PERGURUAN TINGGI SE-PROPINSI BANTEN 2018
Diposting oleh : Admin LP3M
Kategori: LP3M News - Dibaca: 238 kali

Serang, (21-22/11/2018) Pada hari rabu Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Untirta menyelenggarakan Desiminasi SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) dan AMI (Audit Mutu Internal) Perguruan Tinggi Swasta se-Provinsi Banten di Le Semar Hotel Kota Serang. Pada pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor Untirta Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd, Para peserta perwakilan perguruan tinggi swasta se-Provinsi Banten.

Sekertaris LP3M sekaligus Ketua Panitia Dr. Syihabudin, M. Si dalam sambutannya dan sekaligus memberikan materi menyampaikan bahwa tujuan kegiatan Diseminasi SPMI dan AMI Perguruan Tinggi ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen dan perkembangan implementasi SPMI dan AMI. (sharing informasi : berbagi pengalaman praktek baik dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip penjaminan mutu serta bagaimana pelaksanaan kemajuan dan kendala) pada perguruan tinggi yang tergabung dalam Forum Penjaminan Mutu (FPM) Perguruan Tinggi. Terbentuknya dan meningkatkan Budaya Mutu dan Silaturahmi di Perguruan Tinggi seProvinsi Banten. Berkontibusi aktif dalam mensukseskan kebijakan pemerintah tentang peningkatan mutu penyelenggara perguruan tinggi secara berencana dan berkelanjutan di Provinsi Banten. Mendiskusikan rencana atau rancangan program kerja Forum Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi seProvinsi Banten. memberikan materi tentang sharing pelaksanaan pelaksanaan mutu internal di perguruan tinggi.

Beliau menyampaikan dalam materinya mengatakan bahwa Audit Mutu Internal sudah sampai siklus ke-6 jadi sudah berjalan dan bagaimana kita membudayakan budaya mutu perguruan tinggi dan kita bersama-sama untuk maju dan berkembang antara PTN dan PTS yang ada di seluruh Banten Dan harapannya kita harus saling maju bersama antara PTN dan PTS Banten dalam hal budaya mutu kita sama-sama membantu pemerintah untuk menyelenggarakan budaya mutu terutama di Banten supaya PTN dan PTS maju dan berkembang.

Rektor Untirta Prof. Dr. Sholeh Hidayat M. Pd saat membuka acara dan sekaligus memberikan materi menyampaikan bahwa Mengimplementasi penjaminan mutu itu ada beberapa syarat, yang pertama harus mempunyai komitmen dari pimpinan tertinggi perguruan tinggi mutu yang merupakan sesuatu yang tidak bisa ditawar dan kita harus melaksanakan siklus manajemen penjaminan mutu, ada beberapa penjamin mutu yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pengendalian dan peningkatan, itu Saya kira yang akan menjadi pegangan bagi semuanya untuk membawa lembaga bermutu yang berarti apa yang dilaksanakan sesuai dengan standar, lalu para customer atau pelanggan merasa puas karena mendapatkan pelayanan sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan bersama pimpinan dengan seluruh pemangku kepentingan di Untirta dan tentu swasta juga harus sama dan tidak sedikit yang mungkin melebihi standar mutu perguruan tinggi negeri dan itu sudah dipertahankan dan ditingkatkan. Bagi yang belum harus memulai mempunyai dokumen, SOP, manual dan tahap tahap yang harus dijalankan dan melakukan evaluasi atau monitoring, lalu yang kurang ditingkatkan dan yang sudah bagus ya harus dipertahankan. Harapannya adalah semua lembaga penjaminan mutu harus betul-betul mempunyai orientasi budaya mutu dengan komitmen melaksanakan standar-standar nasional pendidikan tinggi yang sudah ditetapkan.

Kepala Kantor Manajemen Mutu dan Audit Internal Dr. Ir. Ibnu Qayim dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam materinya menyampaikan yang pertama adalah kami share tentang kegiatan penjaminan mutu di IPB. Kami memang menggambungkan penjaminan mutu dan audit internal, audit internal itu dibagi dua yakni audit akademik yang berarti juga audit mutu dan audit non akademik dan ini mungkin pertama kali atau tidak banyak perguruan tinggi yang menggabungkan dua fungsi itu dalam satu kantor sehingga kami berbicara itu tadi di depan forum penjaminan mutu Provinsi Banten. Kebutuhan pada saat yang sama saya juga ketua forum penjaminan mutu PTN wilayah barat, saya memberikan materi tentang bagaimana cara menyusun penjaminan mutu internal dan bagaimana cara melakukan audit mutu internal, sasarannya adalah bahwa gerakan penjaminan mutu perguruan tinggi itu harus melebar, banyak yang di ikutiperguruan tinggi lain sebanyak-banyaknya karena bagaimanapunmutu di perguruan tinggi itu adalah yangtujuan kita adalah melakukanproses pembelajaran, karena standar pembelajaran mutu itu harus kita susun, setelah itu tercapai maka kita tingkatkanlagikalau misalnya belum tercapai ya dicari atau dilakukan auditassessment mutu, dan nampaknya saya juga cukup senang tanggapan dengan cukup baik oleh anggota forum dari berbagai perguruan tinggi swasta, kami di penjaminan mutu di wilayah Baratini harus melakukan kerjasama terus-menerus karena saya kira sangat penting. Harapannya adalah bahwa kegiatan seperti ini kita ingin membentuk pusat-pusat penjaminan mutu di wilayah Banten, memang mau tidak mau saya kira Untirta yang menjadi penggerakdengan demikiankami di wilayah PTN Barat Sumatera, Kalimantan dan di Jawa Baratitu juga bisa bersama-sama menjadipartner maka gerakan penjaminan itu bisameluas di seluruh Indonesia kita sadari masih banyak perguruan tinggibaik negeri maupun swasta yang masih berupaya memulaiproses penjaminan mutu atau perbaikan mutu di internal.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN SMH Banten Hidayatullah mengatakan bahwa tentang pelaksanaan SPMI dan Audit Mutu yang ada di kampus kami dan alhamdulillah audit mutu internal itu sudah kami lakukan tapi masih terbatas pada bidang akademik karena memang audit internal itu merupakan bagian penting dari pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal, untuk memastikan bahwa proses Tri Dharma perguruan tinggi itu dilakukan oleh sivitas akademik sesuai dengan standar mutu yang kita tentukan. Untuk harapannya dengan kegiatan ini semua perguruan tinggi itu bisa melaksanakan siklus penjaminan itu secara konsisten sehingga bisa secara berkelanjutan terhadap proses-proses akademik yang menjadi konsen perguruan tinggi dan untuk syarat perguruan tinggi bermutu itu diantaranya harus selalu saling sharing terus-menerus sehingga saling memberikan masukkan dan melengkapi kekurangan-kekurangan dari masing-masing institusi. 

 



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)