•  
  • ,

Selasa, 11 Maret 2014 - 10:25:53 WIB
Hibah Penulisan Buku Ajar MPK 2014
Diposting oleh : Administrator
Kategori: LP3M News - Dibaca: 11683 kali

PANDUAN PENGAJUAN USULAN

PENULISAN BUKU AJAR MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK)

UNTIRTA TAHUN 2014

A. Latar belakang.

Program insentif penulisan buku ajar Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Untirta yang dikelola oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), merupakan kegiatan lanjutan dari tahun 2013 yang menghasilkan pedoman pembelajaran Matakuliah Pengembangan Kepribadian beserta kurukulumnya. Pada tahun anggaran 2014, LP3M meluncurkan program insentif penulisan buku ajar bagi dosen MPK. Program ini membiayai penyiapan naskah buku ajar Matakuliah Pengembangan Kepribadian agar memudahkan pembelajaran mahasiswa. Penerbitan diterbitkan oleh LP3M

B. Tujuan.

Program insentif penulisan buku ajar MPK Untirta bertujuan memacu para dosen untuk terus meneliti, menulis, khususnya menulis buku ajar di perguruan tinggi. Kegiatan ini akan meningkatkan publikasi ilmiah dan memperkaya wawasan ilmiah dalam kegiatan meneliti dan mengajar seorang dosen serta dapat menjadi sarana belajar atau pemahaman ilmu bagi para mahasiswa.

C. Besaran Insentif.

Insentif yang diberikan sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) per judul (didalamnya termasuk pajak). Diberikan kepada dosen MPK baik individu maupun tim/kelompok yang bukunya lolos seleksi dan rekomendasi tim seleksi.

D. Ketentuan    

Ketentuan pengajuan usulan program insentif penulisan buku ajar MPK Untirta tahun 2014 harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Program ini hanya diperuntukan bagi dosen MPK Untirta.
  2. Jenis buku yang dapat diajukan untuk mendapatkan hibah program ini, adalah buku ajar MPK.
  3. Naskah merupakan pengembangan dari kurikulum yang mengacu pada buku pedoman MPK Untirta, bukan hasil terjemahan atau saduran, dan bebas dari plagiarisme, yang dituangkan dalam surat pernyataan.
  4. Naskah buku yang diajukan harus sudah lengkap. Unsur naskah buku yang harus ada :

(1)   Prakata,

(2)   Daftar Isi,

(3)   Batang tubuh yang terbagi dalam bab atau bagian.

(4)   Daftar Pustaka,

(5)   Glosarium,

(6)   Index (sebaiknya).

Naskah buku beserta persyaratan administrasi dikirimkan via email: lp3m_untirta@yahoo.com atau secara langsung pada Sdr. Ahmad Khoiruddin, S.E. di Kantor LP3M, Gedung UPT Terpadu Lt. 1, Untirta Serang.

Berkas yang dikirimkan terdiri atas :

  1. Satu salinan naskah buku yang diketik dengan komputer, menggunakan huruf Times New Roman (font 12pt) pada kertas ukuran A4 dengan jarak 1,5 spasi, beserta softcopy dalam CD. Jumlah halaman buku minimal 150 halaman, tidak termasuk Prakata, Daftar Isi, dan Lampiran.
  2. Biodata setiap penulis yang berisi :
  3. Nama, alamat kantor dan rumah, nomor telepon/faks kantor, rumah, dan alamat email.
  4. Riwayat pendidikan sejak tingkat sarjana (S-1) hingga pendidikan terakhir.
  5. Nama mata kuliah yang diampu.

3.     Surat pernyataan di atas kertas bermaterai yang memuat:

a.  Bahwa buku belum pernah diterbitkan dan bebas dari plagiarisme;

b.  Bahwa semua penulis (bila lebih dari satu orang) bersedia menuntaskan naskah buku sesuai yang ditentukan di dalam perjanjian hibah penulisan buku ajar.

E. Mekanisme Seleksi dan Evaluasi

  1. Naskah dari pengusul akan diseleksi oleh tim penilai dan dievaluasi berdasarkan persyaratan administrasi dan kriteria penilaian yang telah ditentukan.
  2. Kriteria penilaian antara lain : kesiapan naskah, kelengkapan unsur suatu buku ajar, kemutakhiran pustaka, rekam jejak peneliti, produktivitas publikasi artikel ilmiah, keterkaitan naskah dengan pengajaran dan penelitian, keterbacaan naskah, kualitas ilustrasi, khalayak pembaca, dan kriteria lainnya.
  3. Tim seleksi akan menentukan 7 naskah buku yang mendapatkan hibah.
  4. Penulis dari naskah buku yang terpilih akan diundang untuk dipertemukan dengan pakar yang relevan dengan bidangnya, guna penyempurnaan naskah buku ajar.
  5. Dana insentif hanya diberikan kepada penulis pertama (jumlah penulis tidak terbatas/tim/kelompok).

F. Jadwal

Naskah buku ajar diajukan selambat-lambatnya tanggal 29 Oktober 2014. Naskah yang terpilih diumumkan pada tanggal 31 Oktober 2014. Selanjutnya, penulis akan diminta memperbaiki naskah berdasarkan saran baik lisan atau tulisan dari tim penilai.

Catatan :

Bila ada hal lain yang belum jelas dalam panduan ini, dapat menghubungi Sdr. Ahmad Khoiruddin, S.E. (0817160259 atau 0254-280330 ext.323)

biodata pengusul hibah didownload di sini

 

Atas perhatian dan kerjasama yang baik diucapkan terimakasih.

 

 

Ketua LP3M

 

Dr. Ir. Rusmana, MP.

NIP. 19640210 199002 1 001



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)